Manfaat Kentang dan Nutrisinya

Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Manfaat Kentang dan Nutrisinya

Kentang yang kaya nutrisi adalah sayuran akar berbonggol dan merupakan sumber pati, vitamin dan serat.

Kentang ini adalah salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam dan salah satu sayuran murah sebagai bahan pangan pokok penduduk miskin di seluruh dunia.

Botanikal itu milik berbagai subspesies abadi Solanum tuberosum dari keluarga Solanaceae. Di wilayah Andes, ada beberapa spesies kentang dibudidayakan lainnya terkait erat.

Kentang diperkenalkan di luar wilayah Andes empat abad yang lalu, dan telah menjadi bagian integral dari banyak pasokan pangan dunia.

Ini adalah tanaman dunia terbesar keempat dari bahan makanan, setelah beras, gandum dan jagung. Penyimpanan jangka panjang dari kentang membutuhkan perawatan khusus dalam gudang dingin.

Fakta Nutrisi Kentang

Tanaman kentang tumbuh sekitar panjang 12 sampai 18 inci dan terdapat banyak umbi bawah tanah. Umbi biasanya berbentuk bulat untuk bentuk oval atau lonjong dan bervariasi dalam ukuran.

Secara internal, daging memiliki warna terang putih krim, warna merah mawar atau cokelat muda, tergantung pada varietas dengan tekstur lembab dan memiliki khusus mentega "kentang" rasa.
Beberapa kultivar populer adalah :
  • Putih / kuning kulit dan daging - Yukan emas, Kuning finn, pisang Rusia, Milva.
  • Kulit merah dan daging - Ida mawar, Norland, Cal merah, Prancis fingerling.
  • Kulit kemerahan dan daging - Russet burbank, Ranger kemerahan, Utamilla cokelat muda.


Manfaat kesehatan dari Kentang

  • Kentang adalah salah satu sumber makanan yang kaya pati, vitamin, mineral dan serat makanan. 100 g menyediakan 70 kalori, namun mengandung sangat sedikit lemak ( hanya 0.1 g per100 g ) dan kolesterol. 

  • Mereka adalah sumber alami yang sangat baik dari serat larut dan tidak larut. Serat makanan di dalamnya melancarkan saluran pencernaan, dengan demikian membantu mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol makanan dan ada dengan menurunkan kolesterol LDL plasma . Selain itu, konten kaya serat juga membantu melindungi dari polip usus dan kanker. 

  • Alat bantu konten serat dalam pencernaan pati lambat dan penyerapan gula sederhana dalam usus. Dengan demikian membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal dan menghindari fluktuasi. Untuk alasan yang sama, kentang dianggap sebagai sumber terpercaya karbohidrat pada penderita diabetes. 

  • Umbi adalah salah satu sumber terkaya kelompok B - kompleks vitamin seperti piridoksin ( vitamin B6 ) , thiamin , niacin , asam pantotenat , dan folat . 

  • Kentang segar bersama dengan kulitnya adalah sumber vitamin antioksidan, vitamin -C . 100 g umbi segar memberikan 11,4 mg atau 20% dari tingkat yang dibutuhkan harian vitamin ini. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin - C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengais berbahaya, radikal bebas pro-inflamasi. 

  • Mereka juga mengandung jumlah yang cukup banyak mineral penting seperti besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium. 

  • Kentang merah dan kemerahan mengandung jumlah vitamin A yang baik, dan flavonoid antioksidan seperti karoten dan zeaxanthins. 

  • Penelitian terbaru pada layanan penelitian pertanian ( tanaman oleh genetika ilmuwan Roy Navarre ) menunjukkan bahwa antioksidan flavonoid, quercetin hadir dalam kentang memiliki sifat anti - kanker dan kardio - protektif properti.