Berbagai Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun Salam merupakan salah satu daun-rempah-rempah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai resep kuliner di dunia terutama di Indonesia sendiri dan berbagai ramuan obat tradisional. Dalam legenda, daun salam juga dianggap sebagai pohon dewa Matahari, di bawah tanda surgawi Leo.

Tanaman ini berasal di wilayah Asia, dan didistribusikan ke seluruh wilayah Mediterania dan bagian lain di Asia. Biasanya kita dapat melihat tanaman ini di kebun dan pekarangan dekat rumah.

Sedangkan manfaat dari daun salam untuk kesehatan itu sendiri sudah banyak dibuktikan melalui berbagai penelitian resmi maupun personal dari pihak independent.

Mempunyai nama latin yaitu Syzygium polyanthum, daun salam ini berbentuk sedang dan mempunyai tulang daun yang sejajar seperti daun lain pada umumnya.

Daun salam berwarna hijau dan banyak digunakan sebagai rempah - rempah maupun resep pada masakan kuliner di dunia maupun di Indonesia karena untuk menambah cita rasa makanan yang dimasak.

Pohon daun salam memiliki tinggi sekitar 30 meter dan kulit dari batangnya berwarna coklat bersisik. Selain manfaat di atas, daun salam juga mempunyai manfaat di bidang kesehatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Kandungan daun salam yang baik untuk kesehatan

  • Daun salam memiliki banyak kandungan minyak esensial yang mengandung dan metil kavikol
  • Etanol di dalam daun salam yang berfungsi sebagai zat anti jamur dan anti bakteri.
  • Metanol berfungsi untuk anti obat cacing sehingga baik untuk mengobati anak yang mengalami cacingan.
Terdapat kandungan vitamin B dan vitamin C untuk kesehatan tubuh dan penurun kadar asam urat.
Untuk memilih daun salam untuk diolah sebagai obat tradisional sebaiknya pilih daun yang lebar, warnanya hijau cerah dan segar. Dan untuk daun salam yang sudah kering pilih yang kuat tidak mudah patah dan tidak berlubang.

Rahasia Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

1. Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan Asam Urat
Dibutuhkan 10 lembar daun salam kering atau jemur dahulu daun yang masih segar di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Teliti lagi supaya tidak ada kotoran yang menempel dipermukaan sebelum mengolahnya menjadi obat tradisional.

Untuk merebus daun salam sebagai obat asam urat sebaiknya menggunakan panci, ketel, atau ceret. Dengan merebus 10 gelas air bersih memakai api sedang, setelah mendidih kemudian kecilkan api. Masukkan 10 lembar daun salam kering lalu rebus lagi hingga air tersisa 7 gelas saja.

Supaya ramuan obat tradisional daun salam ini lebih efektif menurunkan kadar asam urat dalam darah, minum teratur 1 - 2 kali sehari. Simpan air rebusan pada wadah tertutup yang kedap udara agar khasiatnya bisa bertahan selama 2 - 3 hari. Pada hari berikutnya, rebus (panasi) lagi sebelum diminum.

Hindari makanan yang tinggi mengandung zat purin seperti ikan sarden, makanan laut (kerang, cumi, udang), daging unggas (bebek, angsa, burung), jeroan (hati, ampela, usus, otak, paru dll), ekstrak daging (kaldu instan), dan jenis makanan yang dibuat dengan bahan tambahan ragi seperti tapai, brem, donat, roti, dan beragam makanan fermentasi lainnya.

2. Pengobatan Hipertensi
Dengan meminum rebusan dari daun salam dapat mengobati hipertensi karena daun salam mengandung senyawa flanoviod yang baik untuk menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh. Hipertensi banyak terjadi karena faktor keturunan dan pola hidup yang tidak sehat.

Hobi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dapat membuat tekanan darah langsung berubah drastis. Bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi untuk lebih berhati - hati menjaga kesehatan.

Memperbanyak konsumsi makanan seperti sayuran dan buah - buahan. Dampak fatal akibat hipertensi ini adalah kematian mendadak atau stroke yang dapat melumpuhkan keseluruhan anggota badan dan bisa juga sebelahnya saja.

Cara membuat rebusan untuk daun salam ini juga sama dengan cara mebuat rebusan daun salam untuk penyakit asam urat di atas. Meminum rebusan daun salam ini bisa sebanyak 2 kali sehari dan untuk pencegahan sebanyak 1 kali sehari.



4. Pelezat makanan pada masakan
Campurkan daun segar maupun yang sudah kering ke dalam masakan seperti daging, ikan, nasi atau sayur mayur agar aroma masakan lebih harum. Daun salam mengandung zat-zat alami di dalamnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengikutsertakan salam pada masakan anda.


5. Obat Batuk
Jenis batuk kering dan juga batuk berdahak dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan anda dan sangat membuat tidak nyaman.

Untuk jenis batuk kering dapat menyebabkan anda batuk terus menerus tanpa henti ini tentu dangat tidak nyaman saat anda tengan berada di keramaian. Dan untuk batuk yang tidak kering anda cenderung juga harus batuk - batuk kecil sampai kemudian bisa mengeluarkan dahaknya.

Ada juga jenis dahak yang sulit untuk keluar. Daun salam sendiri termasuk bahan alami untuk mengobati batuk. Berikut ini cara untuk mengatasi batuk gunakan rebusan daun salam di tambah dengan beberapa campuran dari bahan alami lainnya. Berikut ini bahan - bahan yang harus disediakan yaitu :
  • 7 lembar daun salam yang kering
  • 3 sendok makan madu asli
  • 1 buah jeruk nipis yang segar
Langkah pengerjaanya obat batukk dari daun salam adalah :
  1. Ambil daun salam yang segar kemudian di cuci hingga bersih dengan air yang mengalir. 
  2. Nyalakan kompor dan letakkan panci diatas kompor yang telah berisi air dan masukkan daun salam kedalamnya. Air yang dimasukkan sebanyak dua gelas ke dalam panci.
  3. Tunggu hingga mendidih sampai air berkurang menjadi satu gelas saja.
  4. Baru angkat panci dan matikan kompornya.
  5. Saring pada gelas dan tambahkan madu dan jeruk nipis yang sudah di belas. Cukup gunakan satu sendok air dari jeruk nipis kemudian aduk hingga merata. Minumlah rebusan dari tiga bahan tadi setelah dingin samapi batuk anda sembuh. Baiknya diminum sesudah makan dalam keadaan perut yang sudah terisi.

6. Mengobati Maag
Penyakit maag merupakan penyakit yang sering melanda orang tidak teratur untuk makan. Maag disebabkan oleh lambung yang mengalami peradangan atau luka sehingga mengakibatkan rasa sakit pada perut.

Salah satu mengatasi penyakit ini adalah menggunakan daun salam sebanyak 16 - 20 lembar atau secukupnya yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan ½ liter air dan gula merah secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan dingin secara rutin sampai maag yang Anda derita reda.


7. Membuat Gigi Putih Bersih Alami
Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering.

Haluskan dengan ditumbuk kemudian campurkan keduanya bersama air. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol. Rasakan khasiat daun salam kering untuk memutihkan gigi secara alami melalui olahan pasta gigi tradisional.

Berbagai manfaat meminum olahan dari daun salam untuk mengobati asam urat, diabetes, menurunkan tekanan darah dan kolesterol berkat kandungan zat tanin, flavonoid, vitamin C serta vitamin B kompleks.

Bagi sebagian orang, khasiat daun salam untuk mengobati penyakit bisa diperoleh dengan mengkonsumsi produk herbal yang sudah banyak beredar di toko obat. Alternatif lain anda bisa mengolahnya sendiri menjadi ramuan sederhana dengan manfaat dan khasiat yang tidak jauh berbeda.