Buah Jeruk untuk Mengurangi Resiko Stroke

Buah Jeruk untuk Mengurangi Resiko Stroke

Para peneliti di Norwich Medical School di University of East Anglia di Norwich, Inggris, menggunakan data yang dikumpulkan selama 14 tahun dari Nurses 'Health Study. Data tersebut termasuk laporan dari hampir 70.000 wanita yang melaporkan tentang makanan yang dimakan oleh mereka, termasuk rincian tentang buah dan sayuran pada setiap empat tahun.

Hubungan antara enam subclass utama flavonoid diperiksa untuk menentukan risiko iskemik, hemoragik, dan jumlah stroke.
 

Mengurangi Resiko Stroke

Diet yang mencakup banyak konsumsi buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruits, dapat mengurangi berbagai risiko penyakit yaitu salah satu jenis stroke pada wanita, menurut sebuah studi baru. Pada artikel sebelumnya tentang manfaat buah jeruk untuk kesehatan telah dijelaskan juga berbagai manfaat jeruk yang membantu pada kesehatan kita semua jika mengkonsumsinya, termasuk juga dengan manfaat mengurangi resiko stroke.

Flavanon, yaitu senyawa tertentu yang ditemukan dalam jeruk, mungkin menjadi kunci dalam masalah penyakit stroke ini.

Sementara tidak ada manfaat yang ditemukan antara total konsumsi pada flavonoid dan risiko stroke, wanita yang mengkonsumsi jumlah yang lebih besar dari flavanon, senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk, memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena stroke iskemik daripada wanita yang mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah sedikit.


Sebuah stroke iskemik disebabkan oleh obstruksi pada aliran darah ke otak, biasanya bekuan darah. Flavonoid, ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, coklat gelap, dan anggur merah, yang telah dipelajari untuk manfaat kesehatan mereka, terutama pada pembuluh darah.


Flavanon adalah salah satu dari enam subkelas flavonoid - flavanon, anthocyanin, flavin-3-ols, polimer flavonoid, flavonol, dan flavon. Flavonoid memberikan buah-buahan dan sayuran warna cemerlang mereka, dan ada lebih dari 5.000 dari mereka yang ada, menurut beberapa perkiraan. Tidak semua flavonoid tampaknya memiliki efek yang sama pada stroke.


Dr Aedin Cassidy, penulis utama studi tersebut, mengatakan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asupan tinggi buah-buahan, sayuran, dan khususnya vitamin C dikaitkan dengan penurunan risiko stroke. Dia menjelaskan bahwa flavonoid diyakini memberikan beberapa bahwa perlindungan di sejumlah cara, seperti bekerja pada fungsi pembuluh darah dan sebagai agen anti-inflamasi.


Dalam studi ini, flavanon kebanyakan berasal dari jeruk, jus jeruk, jeruk, dan jus jeruk. Namun, para peneliti merekomendasikan bahwa orang meningkatkan asupan seluruh buah daripada jus buah yang memiliki gula lebih tinggi dan kandungan kalori. Sebuah jeruk menengah mengandung sekitar 60 kalori sementara secangkir jus jeruk mengandung dua kali jumlah itu.

Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Menambahkan sedikit komplikasi dengan pesan kesehatan publik dari studi ini adalah kenyataan bahwa jeruk dan jus dapat berinteraksi dengan obat tertentu sering diresepkan untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, seperti obat penurun kolesterol statin.


Jus jeruk dikombinasikan dengan statin dapat meningkatkan risiko masalah hati. Jus jeruk juga dapat meningkatkan efek dari beberapa obat tekanan darah dan meningkatkan risiko efek samping.
Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara resiko stroke dan konsumsi flavanone dan untuk lebih memahami mengapa keterkaitan itu terjadi.