Tentang Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Tentang Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Salah satu buah yang sehat untuk dimakan adalah mangga. Manfaat buah mangga yaitu salah satunya untuk pencegahan penyakit kanker karena mengandung fitonutrien dengan jumlah tinggi di dalamnya.

Selain itu, mangga mengandung jumlah tinggi serat, yang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit. Asal mula nama buah ini berasal dari bahasa Malayalam yaitu maanga.


Kata ini selanjutnya diadopsi kedalam bahasa indonesia dan disempurnakan menjadi bernama mangga.

Mangga adalah buah jingga kuning dengan batu keras di tengah. Kulit dari buah mangga yang halus dan cerah dengan warna jingga dalam. Para fleshes dari mangga juicy, manis dan tajam dengan rasa mangga buah kaya.

Namun, beberapa mangga berwarna hijau, putih dan kemerahan berwarna pink. Mangga tumbuh di pohon cemara mangga yang lebih dari 60 meter dengan daun hijau tua panjang berbentuk oval dan bunga putih aroma manis.


Manfaat Buah Mangga

Mangga adalah tanaman asli India, tetapi tumbuh di seluruh dunia di daerah seperti Afrika, Cina, Meksiko, Italia, Asia, Karibia, Australia dan tentu saja Indonesia sendiri.

Mangga tumbuh baik di negara-negara iklim tropis karena cuaca tersebut baik untuk tanaman mangga. Anda juga dapat menemukan mangga yang tumbuh di pisang mangga dan di hutan Amazon.


Mangga yang dipanen dari pohon mangga ketika mereka sudah matang dan kaya aroma mangga manis.

Jika mangga tidak mudah patah pada cabangnya berarti mereka belum matang. Setelah mangga dipanen, disimpan di tempat yang sejuk sampai mereka siap untuk dimakan. Namun, beberapa pemanen ingin mengambil mangga segar dan membuat irisan kecil mangga untuk camilan.

Manfaat buah mangga yaitu :

1. Mencegah Kanker
Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.


2. Menurunkan Kolesterol
Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C membantu menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (hal-hal buruk)


3. Membersihkan Kulit
Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit. Mangos jelas pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat.


4. Kesehatan mata
Satu cangkir irisan mangga memasok 25 persen dari nilai harian yang diperlukan vitamin A, yang mempromosikan penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam dan mata kering.


5. Alkalizes Tubuh Utuh
Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat jejak yang ditemukan dalam buah membantu untuk menjaga cadangan alkali tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam buah mangga :

  • Lemak Sehat
  • Protein
  • Vitamin A, E, C dan B
  • Kalium
  • Tembaga
  • Serat
  • Fitonutrien
  • Asam glutamin
  • Besi
  • Enzim