6 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Buah jeruk telah lama dinilai sebagai bagian dari makanan bergizi dan lezat. Rasa yang disediakan oleh jeruk adalah yang paling disukai di dunia, dan itu semakin jelas bahwa jeruk tidak hanya enak, tapi juga baik bagi orang-orang dalam hal kesehatan.


Hal ini juga ditetapkan bahwa produk jeruk dan jeruk merupakan sumber yang kaya vitamin, mineral dan serat makanan (polisakarida non-pati) yang penting untuk pertumbuhan normal, pengembangan dan keseluruhan kesejahteraan gizi.


Manfaat Buah Jeruk

Namun, manfaat buah jeruk kini mulai diketahui bahwa terdapat biologis aktif, senyawa non-gizi lainnya yang ditemukan dalam jeruk dan tanaman lainnya (fitokimia) juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Apabila diperlukan, pedoman diet dan rekomendasi yang mendorong konsumsi buah jeruk dan produk mereka dapat membawa manfaat gizi luas di seluruh populasi.


Buah jeruk termasuk kedalam golongannya yaitu jeruk, lemon, limau dan grapefruits, selain tangerin dan pomelo.

Tidak hanya buah jeruk dalam kelompok yang beragam lezat dan menyegarkan, mereka mendapatkan definisi sebagai makanan yang all-star untuk kekayaan dalam senyawa yang disebut flavonoid, yang memiliki sifat antikanker.

Flavonoid buah jeruk telah ditunjukkan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebaran tumor.



Flavonoid jeruk juga antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dan dapat melindungi terhadap penyakit jantung.

Dalam studi menunjukkan bahwa flavonoid jeruk dapat meningkatkan aliran darah melalui arteri koroner, mengurangi kemampuan arteri untuk membentuk bekuan darah dan mencegah oksidasi LDL ("buruk") kolesterol, yang merupakan langkah awal dalam pembentukan plak arteri.

Buah jeruk juga tinggi vitamin C, dan merupakan sumber yang baik akan folat dan kalium. Vitamin C adalah antioksidan kuat dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak.

Hal ini juga diperlukan untuk sintesis kolagen, yang membantu menyembuhkan luka dan membantu menahan pembuluh darah, tendon, ligamen dan kesehatan tulang.  

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang sangat penting untuk fungsi saraf, kontraksi jantung, dan beberapa enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat.

Berbagai Manfaat dan Khasiat Buah Jeruk

Berikut berbagai manfaat dan khasiat buah jeruk bagi kesehatan :

1. Mencegah obesitas
Sebuah studi dari Universitas Western di London, Ontario. 2011 menunjukkan bahwa nobiletin, flavonoid yang diekstrak dari jeruk, membantu mencegah obesitas dan menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Penelitian ini mengamati seekor tikus yang diberi makanan diet tinggi lemak dan gula sederhana. Kelompok satu menjadi gemuk dan mengembangkan tanda-tanda metabolik yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Kelompok kedua, makan makanan yang sama tetapi dengan menambahkan nobiletin, bertambah berat badan normal dan tidak menunjukkan perubahan glukosa atau kadar insulin.
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam American Heart Association jurnal Stroke mengevaluasi kebiasaan makan hampir 70.000 wanita dari Nurses 'Health Study selama 14 tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa perempuan yang makan paling flavanone-terutama melalui jeruk, grapefruits dan jus, mereka memiliki risiko 19 persen lebih rendah dari darah gumpalan terkait stroke daripada mereka yang makan paling sedikit.


3. Membantu mencegah kanker
Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Biomedicine and Biotechnology pada tahun 2012, ilmuwan Jepang menggunakan studi hewan untuk menentukan apakah pulp dan jus dari satsuma mandarin (berbagai tanpa biji umum jeruk mandarin) menghambat perkembangan kanker.

Mereka menunjukkan bahwa betacryptoxanthin dan hesperidin hadir dalam jeruk mandarin ini menghambat pertumbuhan tumor pada jaringan lidah, usus dan paru-paru.


4. Mengandung vitamin C yang baik
Vitamin C adalah antioksidan kuat yang menghambat kerusakan tubuh oleh radikal bebas dan mencegah penyakit kudis.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Oregon Health & Science University menunjukkan bahwa retina mata kita membutuhkan vitamin C untuk sel-sel saraf mereka untuk berfungsi dengan baik dan karena itu dapat menjaga penglihatan yang lebih baik.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda: Sebuah lemon dengan kulitnya menyediakan 111 persen dua clementine, 96 persen, sebuah jeruk menengah, 93 persen, dan setengah jeruk merah muda atau merah sebanyak 51 persen.


5. Dosis yang lebih rendah dari obat-obatan tertentu
Pada tahun 2012 uji klinis di University of Chicago menunjukkan bahwa segelas jus jeruk setiap hari saat membandingkan dengan sirolimus obat antikanker menyediakan tiga kali manfaat obat, karena jus memperlambat metabolisme obat. Ini berarti pasien mungkin dapat mengambil dosis rendah obat itu, mengurangi efek samping dan biaya (dosis masih sedang dipelajari).

Harap dicatat: Grapefruit dan beberapa buah jeruk lainnya berinteraksi negatif dengan sejumlah obat, jika Anda mencintai mereka, cek dengan dokter Anda atau apoteker sebelum memiliki mereka dengan obat-obatan Anda.


6. Mengurangi stres
Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa linalool, senyawa aromatik yang ditemukan dalam lemon (serta mangga, lavender dan tanaman harum), kimia darah diubah dan aktivitas gen untuk mengurangi tingkat stres pada tikus terkena kondisi menantang.

Menghirup linalool menurunkan aktivitas lebih dari 100 gen yang biasanya naik dalam situasi stres.