Cara Menangani Penyakit Susah Tidur Menurut Ahlinya

Cara Menangani Penyakit Susah Tidur Menurut Ahlinya

Kebutuhan akan istirahat atau tidur bagi manusia memang penting setiap harinya karena tenaga dan pikiran perlu di istirahatkan setelah aktivitas seharian, tetapi bagaimana jika waktu tidur terganggu dengan masalah penyakit susah tidur?

Tidur merupakan salah satu kenikmatan yang pasti dirasakan setiap manusia setelah seharian melakukan aktivitas.

Istirahatkan badan dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Setiap orang juga mendambakan tidur dengan nyenyak.

Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya. Dan justru malah susah untuk tidur di malam hari.

Kondisi susah tidur seperti itu tentu harus segera ditangani dengan baik menurut ahlinya dan menemukan pola tidur yang baik untuk kesehatan . Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti penyakit.

Penyebab dan Gejala Penyakit Susah Tidur atau Insomnia

Susah tidur atau Insomnia di malam hari sangat mengkhawatirkan bagi seseorang yang besoknya harus bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena jika kurang tidur, tubuh akan kurang maksimal dalam bekerja dan menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

Penyebab seseorang mengalami gangguan susah tidur ada banyak hal. Bisa dikarenakan karena sedang mengalami stress, tekanan pikiran, lingkungan yang buruk atau bisa juga kondisi udara yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau terlalu dingin juga dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia.
Dengan mengetahui sebab tersebut, kita juga dapat mendapatkan solusinya sendiri ataupun sesuai para ahli. Jika penyebabnya karena stress memikirkan masalah pekerjaan di kantor maka solusinya adalah dengan menenangkan diri anda terlebih dahulu.

Insomnia ini juga bisa dikarenakan kebiasaan namun ada juga beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit sulit tidur atau insomnia dan ini umumnya dialami dalam jangka waktu yang cukup lama. Beberapa Penyebab Itu adalah :
  • Gaya hidup dan kenyamanan ruangan Tidur / kamar,
  • Faktor kesehatan psikologi,
  • Faktor kesehatan fisik, dan Insomnia ini Bisa Juga Disebabkan Oleh efek samping obat-obatan.

Ciri, Tanda Dan Gejala dari Insomnia
Sebenarnya untuk membuat kebiasaan tidur normal seseorang Itu tidak mudah karena kebutuhan tidur Manusia itu berbeda-beda. Hal yang dapat mempengarui kebiasaan tidur tersebut adalah usia, gaya hidup, kebiasaan, lingkungan, dan Juga dari pola makan.

Masih bisa mengenali beberapa tanda dan gejala umum dari sakit insomnia ini yaitu di antaranya:
  • Susah tidur yang terlalu lama.
  • Sering mengalami terbangun di malam / dini hari.
  • Sering merasa lelah, cemas, uring-uringan, dan kalau siang hari akan mempengaruhi kinerja hidupnya. 

 

Cara Mengatasi Penyakit Susah Tidur atau Insomnia Secara Tradisional dan Alami

1. Cara Mengatasi Insomnia Dengan Jadwal kegiatan
Kegiatan kita sehari - hari memang sangat banyak dan padat, banyak aktivitas yang harus kita selesaikan sepanjang hari.

Jika tidak dapat mengatur waktu dengan baik maka pekerjaan akan berantakan dan terpaksa menggunakan waktu jam tidur untuk menyelesaikan pekerjaan.
Aturlah jadwal kegiatan sehari - hari Anda agar pekerjaan selesai dengan baik dan tidak kekurangan waktu istirahat.


2. Cara Mengobati Insomnia dengan Hindari rokok
Janganlah merokok empat jam sebelum tidur. Rokok mengandung zat yang dapat meningkatkan kinerja otak, zat ini disebut sebagai zat nikotin.

Agar kita dapat tertidur nyenyak maka hindarilah merokok agar otak kita bekerja dengan normal dan istirahat pada waktunya. Pilihan yang tepat adalah berhenti merokok sebelum rokok yang menikmati Anda.


3. Cara Menyembuhkan Insomnia Dengan Hindari kafein
Selain zat nikotin yang dapat meningkatkan kerja otak dan membuat kita susah tidur, ada satu zat lagi yang fungsinya sama seperti nikotin yaitu kafein yang biasa terdapat pada kopi. Agar kita dapat tidur nyenyak, hindarilah kopi 15 jam sebelum Anda pergi tidur.


4. Cara Menghilangkan Insomnia Dengan Olahraga
Salah satu kunci hidup sehat adalah berolahraga secara teratur. Olahraga juga dapat membantu kita mengatasi insomnia.

Jangan olahraga sebelum tidur, olahraga sebelum tidur justru membuat Anda semakin susah untuk tidur karena olahraga melancarkan sirkulasi darah ke otak kita. Sebaiknya olahraga dalam waktu 5 jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.


5. Cara Menyembuhkan Insomnia Dengan Pikiran yang rileks
Jika Anda memiliki pekerjaan yang membuat stress, lupakanlah sejenak hal itu sebelum tidur. Pikiran yang tegang akan membuat susah memejamkan mata dan tertidur dengan tenang. Pikirkanlah hal - hal yang menyenangkan sebelum tidur agar pikiran menjadi lebih rileks dan akan mendapatkan tidur yang berkualitas.


6. Cara Menyembuhkan Insomnia Dengan Jangan melihat jam
Jam adalah penunjuk waktu yang sangat berguna bagi kita, tapi keberadaan jam di hadapan kita akan membuat kita susah tidur karena kiat terus saja memikirkan waktu yang semakin dekat.

Apalagi jika kita punya rencana di esok hari atau punya peklerjaan yang harus segera diselesaikan. Sebaiknya, pindahkan jam dari pandangan Anda supaya Anda lebih rileks.

7. Cara Mengobati Insomnia Dengan Matikan lampu
Saat ada cahaya di sekeliling kita, maka kita akan memaksa otak kita untuk tetap bekerja meskipun otak kita sudah lelah.

Peristiwa seperti ini akan membuat tidur Anda kurang berkualitas, kurang lelap dan seringkali terbangun. Matikan lampu saat Anda tidur agar otak benar - benar tidur bersama kita.

Sudah dijelaskan di atas tentang susah tidur atau insomnia dan beberapa cara mudah agar terhindar dari gangguan tersebut. Tapi jika tidak ada perubahan yang Anda rasakan setelah mencoba berbagai cara seperti di atas, maka sebaiknya segera menemui dokter dan berkonsultasi apakah memang memerlukan obat Insomnia kimiawi atau tidak.

Apabila Anda diberi obat tidur, minumlah obat itu sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan oleh doker. Semoga Cara Menangani Penyakit Susah Tidur Menurut Ahlinya ini bermanfaat bagi kita semua.