Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal Secara Alami

Batu ginjal termasuk penyakit yang sering di jumpai di indonesia dan pada umumnya yang mengidap penyakit batu ginjal ini adalah pria.

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.

Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Pada sebagian besar kasus, penyakit ini dialami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Batu ginjal biasanya disebabkan dari pola makan yang tidak teratur. Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan.

Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Faktor Penyebab Batu Ginjal :
  • Sering menahan kencing terlalu lama sehingga urin menjadi pekat. 
  • Kurang minum air putih sehingga jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.
  • Pekatnya kadar garam dalam urin sehingga berpotensi terjadinya endapan batu dalam saluran kemih.
  • Terlalu banyak zat kimia yang terdapat dalam urin, seperti kapur dan garam oksalat.
  • Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang sepenuhnya tidak larut

Pencegahan Batu Binjal

Cara mencegah batu ginjal secara alami sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.

Selain dengan minum cukup air dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahan batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Biasanya langkah ini dianjurkan untuk mencegah kambuh bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal. Dan beberepa pencegahan sebagai berikut :

1. Minum air putih secara rutin
Selain bermanfaat untuk kecantikan, air putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya sebagai caramencegah batu ginjal.

Seseorang yang mengonsumsi air putih 8 gelas sehari atau 1,5 hingga 2 liter per hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit batu ginjal.

Hal ini karena air putih yang Anda minum dapat membantu untuk memecahkan hingga menghancurkan batu ginjal yang ada pada saluran kemih ( ureter). Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu tubuh melancarkan proses metabolisme untuk membuang racun yang tidak berguna dalam tubuh.

Penanganan batu ginjal yang dengan prosedur khusus (misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi) biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien.

2 . Mengurangi beberapa makanan tertentu
Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab batu ginjal adalah sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Agar terhindar dari penyakit tersebut sebaiknya Anda mulai menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal salah satunya adalah menghindari makanan yang kaya akan oksalat seperti, kedelai, bayam, kacang-kacangan, cokelat, teh dan juga ubi jalar.

Tak hanya itu, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi minuman bersoda dan jus anggur. Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedua minuman tersebut dapat meningkatkan resiko batu ginjal.


3. Jangan menahan buang air kecil
Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang.

Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.


4. Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A
Cara mencegah batu ginjal yang selanjutnya Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

Hal ini karena Vitamin A dapat membantu untuk menyehatkan fungsi sistem urine dan tentunya adapat mencegah pembentukan batu ginjal pada ureter. Untuk mencukupi kebutuhan Vitamin A setiap harinya, Anda dapat mengonsumsi makanan berikut ini seperti, melon, brokoli, ikan, wortel dan hati.


5. Hindari alkohol dan merokok
Kelebihan asupan alkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Merokok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan dan memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

6. Olahraga secara rutin
Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait.

Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait.


7. Hati-hati mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu
Jika Anda mengambil suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda.

Berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengambil suplemen dan jamu.


8. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan Vitamin B6
Salah satu pemicu terjadinya batu ginjal adalah makanan yang mengandung oksalat. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan juga Vitamin B6.

Hal ini karena ke dua kandungan tersebut dapat berperan untuk mengurangi kadar kalsium oksalat dalam urine. Anda dapat menemukan kandungan magnesium dan B6 pada ikan, alpukat, biji-bijian, buah pisang, melon, ikan tuna dan juga brokoli.

Pengobatan Batu Binjal

Pengobatan penyakit batu ginjal yang dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu.

Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan.

Dengan adanya aliran cairan secara terus-menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya. Apabila gejala yang dirasakan oleh pasien cukup mengganggu, biasanya dokter cukup meresepkan obat pereda rasa sakit, misalnya acetaminophen, ibuprofen atau obat anti radang non steroid.

Penanganan batu ginjal yang dengan prosedur khusus (misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi) biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien.