Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan asam linoleik yang terdapat dalam buah zaitun ini secara khusus sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah menyusui anaknya. Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit.



Organisasi-organisasi kesehatan, termasuk WHO telah menganjurkan penduduk yang bermukim di dalam kumpulan masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya untuk mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleik.

 

Buah Zaitun – Simbol Perdamaian dan Kebahagiaan

Buah zaitun adalah salah satu makanan tertua yang dikenal manusia. Mereka dihargai sebagai simbol perdamaian dan kebahagiaan dan digunakan sebagai makanan dan sumber minyak.

Buah Zaitun biasanya yang dimanfaatkan adalah kandungan minyaknya untuk berbagai hal, namun ternyata ada bagian lain dari tanaman zaitun atau Olea europaea yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan yaitu bagian itu tidak lain adalah daunnya.



Pada suatu pengobatan tradisional di Maroko, daun zaitun digunakan untuk menjaga kadar gula darah dan diabetes.

Sedangkan pada saat ini, daun zaitun telah semakin dikenal dan banyak dimanfaatkan oleh dunia medis, terlebih setelah banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya tersebut.
" Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu mengembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan ." (an-Nahl [16]: 10-11)


Salah satu kandungan utama dalam daun zaitun yaitu senyawa yang bernama oleuropein, yang sudah diteliti sejak awal tahun 1900-an.

Oleuropein adalah termasuk dalam golongan iridoid yang memiliki aktivitas antibakteri, antiviral, dan antifungal, serta berguna untuk melawan berbagai tipe infeksi internal.

Oleuropein juga dapat meningkatkan produksi thermogenin dalam tubuh, yaitu senyawa yang dapat membakar lemak secara efektif.

Dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini, oleuropein dapat dipergunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Studi di Milan menunjukkan bahwa senyawa ini merupakan kandungan antioksidan yang poten, yaitu dapat menghambat oksidasi lipid di dalam darah, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.


Faktanya, aktivitas antioksidan di dalam daun zaitun lebih tinggi daripada di teh hijau.

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa senyawa antioksidan yang didapatkan dari tanaman dapat memberikan manfaat kesehatan, dan membantu untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronik.

Berbagai Manfaat Buah Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah
Buah zaitun memang banyak manfaatnya, bukan hanya daun dan buahnya tetapi juga manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Minyak zaitun memang sudah lama dikenal atau diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan wajah kita, itu semua dikarenakan zaitun kaya akan kandungan nutrisi, kandungan nutrisi berfungsi untuk kesehatan tubuh dan wajah.


Minyak zaitun ini gampang ditemukan di belahan dunia seperti: Arab Saudi (Asia Tengah) Afrika, dan Mediterania, ketiga Negara ini merupakan Negara penghasil minyak zaitun terbesar didunia.

Berbagai manfaat dari buah zaitun untuk kesehatan tubuh antara lain yaitu :
  • Tentu saja buah zaitun menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Mereka kaya akan zat besi, vitamin E dan tembaga. Buah zaitun adalah sumber yang sangat baik dari serat dan juga memiliki beberapa lemak yang merupakan jenis lemak monounsaturated yang sehat. 

  • Zaitun ditemukan untuk mengurangi risiko aterosklerosis. Membantu dalam pencegahan frekuensi dan intensitas hot flashes pada wanita akan mengalami menopause. 

  • Hal ini tidak mengherankan bahwa minyak zaitun telah menjadi popular di kalangan masyarakat. Ini membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang menyebabkan penyakit jantung dan juga kaya akan antioksidan. 

  • Studi terbaru menunjukkan bahwa asupan rutin minyak zaitun dapat membantu mengurangi baik sistolik dan tekanan darah diastolik. Zaitun telah ditunjukkan untuk membantu mengurangi tingkat obesitas meskipun mereka memiliki kalori tinggi. Mineralisasi tulang dan kalsifikasi ditingkatkan dalam konsumsi tinggi minyak zaitun. Ini membantu penyerapan kalsium. 

  • Hal ini juga memainkan peran penting dalam membantu orang-orang yang menderita dan juga mencegah terjadinya Osteoporosis. Suplementasi minyak zaitun terbukti bermanfaat. 

  • Minyak zaitun ditemukan menghaluskan perubahan ini dan untuk kemungkinan mempengaruhi ketebalan tulang. Individu yang mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari bisa dapat melindungi diri dari stroke. Diet yang kaya minyak zaitun dapat melindungi dari penyakit mental. 

  • Melanoma ganas, salah satu jenis paling berbahaya dari kanker kulit dapat diperlambat dengan konsumsi minyak zaitun. 

  • Zaitun mengandung senyawa yang disebut oleocanthal yang menunjukkan memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Mereka secara alami mengurangi rasa sakit penyakit inflamasi kronis seperti arthritis. 

  • Mereka dapat ditambahkan ke diet seseorang setiap hari untuk membantu mengurangi rasa sakit. Makan buah zaitun juga akan membantu untuk meningkatkan asupan zat besi untuk tubuh Anda dan membangun enzim yang bertanggung jawab untuk mengatur fungsi kekebalan tubuh.