Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air bagi Setiap kehidupan memberi dan proses penyembuhan yang terjadi di dalam tubuh kita terjadi dengan air. Pada dekade terakhir ini ilmu kedokteran telah mulai lebih fokus pada kemampuan penyembuhan luar biasa tubuh kita memiliki kemampuan dan berapa banyak yang tergantung pada air.


Tubuh kita secara naluriah tahu bagaimana dan berusaha untuk mempertahankan umur panjang, dan dalam usahanya setiap saat adalah kuncinya dengan air.

Tubuh manusia terdiri dari lebih dari 70% air. Darah lebih dari 80%, otak kita lebih dari 75%, dan hati manusia adalah menakjubkan air 96%. Tingkat energi sangat dipengaruhi oleh jumlah air yang kita minum.

Manfaat Air Putih

Manfaat air putih telah terbukti secara medis bahwa hanya setetes 5% dalam cairan tubuh akan menyebabkan 25% sampai 30% kehilangan energi dalam rata-rata orang , penurunan 15% dalam cairan tubuh menyebabkan kematian.

Air digunakan hati kita untuk memetabolisme lemak menjadi energi yang bisa digunakan untuk beraktifitas. Diperkirakan bahwa lebih dari 80% penduduk kita menderita kerugian energi akibat dehidrasi ringan.
Air adalah bagian mendasar dari kehidupan kita. Sangat mudah untuk lupa betapa sepenuhnya kita bergantung padanya.

Kelangsungan hidup manusia sangat tergantung pada air dan oleh para ahli sebagai peringkat kedua setelah oksigen penting bagi kehidupan. Rata-rata tubuh orang dewasa adalah 55 sampai 75% air.


2/3 dari berat badan Anda adalah air (40 sampai 50 liter). Sebuah embrio manusia lebih dari 80% air. Bayi yang baru lahir adalah air 74%. Setiap hari tubuh Anda harus mengganti 2 1/2 liter air.

Karena seperti persentase besar dari tubuh kita adalah air, air jelas harus mencari besar dalam bagaimana fungsi tubuh kita. Kita perlu banyak air segar untuk tetap sehat.

Air adalah media untuk berbagai reaksi enzimatik & kimia dalam tubuh. Bergerak nutrisi, hormon, antibodi, & oksigen melalui aliran darah & sistem limfatik.

Protein & enzim tubuh berfungsi lebih efisien dalam larutan viskositas rendah. Air adalah pelarut tubuh & itu mengatur semua fungsi, termasuk aktivitas segala sesuatu yang larut & beredar.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Pada kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin meninggalkan yang namanya air.

Bukan hanya benda ini dapat kita dapat secara banyak di alam, tetapi juga terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut manfaat air putih bagi kesehatan tubuh :
  • Air membantu mengatur suhu tubuh kita melalui keringat, yang menghilang kelebihan panas & mendinginkan tubuh kita. 

  • Minum air yang cukup juga dapat memerangi gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, kulit kering, keriput dan bintik-bintik 

  • Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Loma Linda di California, melibatkan 20 pria dan wanita dalam rentang usia 38 hingga 100 tahun, menyimpulkan bahwa mereka yang minum cukup air sepanjang hari kurang mungkin untuk mengalami serangan jantung (41% perempuan dan 54% pada pria). 

  • Oleh karena itu, dapat disarankan bahwa jika Anda mengganti air dengan susu, teh, kopi atau minuman lainnya maka Anda akan mengalami peningkatan kemungkinan menimbulkan serangan jantung, dengan tingkat yang tepat dari 50% pada wanita dan 46% pada pria. 

  • Air membantu untuk meringankan sakit kepala dan sakit punggung. Meskipun ada banyak alasan yang berkontribusi terhadap sakit kepala, dehidrasi adalah salah satu yang paling umum 

  • Minum banyak air membantu melawan penyakit flu dan lain seperti batu ginjal. Air, bersama dengan lemon atau jus lemon sering digunakan untuk mengatasi penyakit pernapasan, masalah usus, rematik dan radang sendi. Secara keseluruhan, air memainkan peranan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh 

  • Penelitian menunjukkan bahwa minum sejumlah besar air kemungkinan akan mengurangi risiko kanker usus besar dan kandung kemih. Hal ini karena air memiliki kemampuan untuk mencairkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin dan mengurangi waktu yang mereka perlukan untuk datang dalam kontak dengan lapisan kandung kemih 

  • Tubuh manusia membutuhkan Ph netral 7 kisaran untuk berfungsi dengan baik. Minum cukup air sepanjang hari membantu menjaga keseimbangan ini 

  • Dibutuhkan untuk bernapas, seperti kita mengambil oksigen & mengeluarkan CO2, paru-paru kita harus dibasahi dengan air. Kita kehilangan sekitar 1 sampai 2 liter air setiap hari hanya menghembuskan napas. 

  • Asma sering lega ketika asupan air meningkat. Histamin memainkan peran penting dalam mengatur cara tubuh menggunakan & mendistribusikan air & membantu mengontrol mekanisme pertahanan tubuh. Pada penderita asma, tingkat histamin meningkat dengan dehidrasi. Pertahanan ini bagi tubuh adalah untuk menutup saluran udara. 

  • Ginjal membuang limbah seperti urat nilai bagus, urea & asam laktat, yang semuanya harus dilarutkan dalam air. Bila tidak ada air yang cukup, limbah tersebut tidak efektif dihapus, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal. 

  • Air melumasi sendi kita. Tulang rawan jaringan ditemukan di ujung tulang panjang & antara tulang tulang belakang memegang banyak air, yang berfungsi sebagai pelumas selama gerakan sendi. Ketika tulang rawan ini akan terhidrasi, dua permukaan yang berlawanan meluncur bebas, & kerusakan gesekan minimal. Jika tulang rawan dehidrasi, tingkat "kasar" kerusakan meningkat, sehingga kerusakan sendi & nyeri meningkat. 

  • Sel-sel darah tumbuh aktif dalam sumsum tulang memperoleh prioritas di atas tulang rawan untuk air yang tersedia yang melewati struktur tulang. 

  • Nyeri sendi arthritis sering menurun dengan peningkatan asupan air & latihan meregangkan untuk membawa lebih banyak sirkulasi ke sendi. 

  • 75% dari berat tubuh bagian atas didukung oleh volume air yang disimpan dalam inti tulang belakang disc. 25% didukung oleh bahan berserat sekitar disk. Sendi tulang belakang tergantung pada sifat hidrolik yang berbeda dari air yang disimpan dalam inti disk. Nyeri punggung sering dikurangi dengan hidrasi. 

  • Jaringan otak adalah air 85%. Meskipun otak hanya 1/50th dari berat badan, menggunakan 1/20th dari suplai darah. Dengan dehidrasi, tingkat pembangkit energi di otak berkurang. Depresi & sindrom kelelahan kronis sering merupakan hasil dari dehidrasi. 

  • Sakit kepala migrain mungkin merupakan indikator tubuh regulasi temperatur kritis pada saat-saat "stres panas." Dehidrasi memainkan peran utama dalam membawa pada migrain. Dehidrasi menyebabkan stres & stres menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.