Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manggis atau Garcinia mangostana Linn merupakan tanaman yang ditemukan di Asia Tenggara, dan kulit buah manggis telah digunakan sebagai obat tradisional.

Studi fitokimia telah membuktikan bahwa kulit manggis mengandung berbagai metabolit sekunder, seperti oksigen dan terprenilasi xanthones dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.


Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa xanthones telah digunakan di berbagai kegiatan biologis yang mengandung efek anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-kanker.

Dan sebelumnya meneliti efek anti-proliferasi dari empat xanthones terprenilasi dari rinds (kulit); alpha-mangostin, beta-mangostin, gamma-mangostin, dan metoksi-beta-mangostin dalam berbagai sel kanker manusia.


Xanthones ini berbeda dalam jumlah hidroksil dan metoksi kelompok. Kecuali untuk metoksi-beta-mangostin, tiga lainnya xanthones menghambat pertumbuhan sel sangat pada konsentrasi rendah dari 5 sampai 20 ibu kanker usus SLJJ-1 sel manusia.

Penelitian baru-baru ini kami terfokus pada mekanisme penghambatan pertumbuhan alpha-mangostin-diinduksi di SLJJ-1 sel.

Hal ini menunjukkan bahwa efek anti-proliferasi dari xanthones dikaitkan dengan penangkapan sel-siklus dengan mempengaruhi ekspresi siklin, Cdc2, dan p27; Penangkapan G1 dengan alpha-mangostin dan beta-Mangostin, dan penangkapan S oleh gamma-Mangostin.
 Kulit Manggis Segar

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis

Walaupun rasa dari kulit manggis terbilang pahit dan berbeda dengan isi buahnya yang manis, kulit manggis dipercaya memiliki lebih banyak manfaat daripada buahnya yang banyak bagi kesehatan.

Bahkan, meminum obat herbal dari ekstrak kulit buah manggis terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kanker, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.


Olahan obat tradisional dari kulit manggis mempunyai keunggulan tersendiri dalam bidang kecantikan.

Karena adanya senyawa xanthone yang berkhasiat mencegah penumpukan lemak tubuh sehingga Anda terhindar dari kelebihan berat badan, sedangkan zat anti-oksidan berlimpah pada ekstrak kulit manggis berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam di wajah.


Mengolah dengan cara membuat jus kulit manggis, berikut caranya :
1. Dengan mengerok kulit buah manggis yang sudah bersih
2. Taruh didalam blender dan campurkan sedikit air kurang lebih satu gelas
3. Tambahkan gula jawa atau madu secukupnya agar rasa tidak terlalu pahit, lalu blender sampai halus.
Kemudian anda cukup minum setidaknya dan rutin setiap 2 atau 3 kali sehari saja sesudah makan.


Mengolah kulit buah manggis dengan dengan ditumbuk atau serbuk buah manggis :
1. Keringkan terlebih dahulu kulit buah manggis yang sudah bersih dengan cara dijemur
2. Setelah kering, ambil secukupnya kulit manggis lalu tumbuk sampai halus
Cara mengkonsumsinya, ambil secukupnya setidaknya 1 sendok makan, lalu dicampurkan dengan air hangat. Tambahkan sedikit gula atau madu agar rasa tidak terlalu getir.
 Sudah Dikeringkan


Mengolah kulit manggis dengan cara direbus dan dikeringkan :
1. Potong kecil-kecil kulit buah manggis
2. Jemur potongan tadi dibawah terik matahari hingga benar-benar kering


Untuk mengolahnya menjadi obat herbal :
1. Ambil kulit manggis yang sudah kering
2. Rebus kulit manggis tersebut dengan satu gelar air. Tunggu sampai terlihat layu
3. Campurkan kulit buah manggis yang sudah direbus tadi, lalu campurkan dengan jus dan campur dengan buah lainnya.


Aturan dan Anjuran
Mengonsumsi kulit manggis dengan dibuat jus agak berbeda dengan jus-jus buah lainnya, kita tidak bisa mengonsumsi jus kulit buah manggis ini dalam takaran gelas.

Untuk hasil yang terbaik, kita bisa minum 3 sampai 4 sendok jus kulit manggis sebanyak 3 kali sehari, setelah makan.


Catatan :
Agar khasiat jus kulit manggis untuk kesehatan bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh, maka segera minum jus buatan anda. Jangan dibiarkan terlalu lama terkena udara dan sinar matahari karena bisa mengurangi nilai gizi yang ada di dalamnya. 


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi Kulit Manggis

Ada beberapa tanda mengalami keracunan akibat konsumsi olahan herbal kulit manggis ini adalah diare dan muntah-muntah. Untuk mencegah hal tersebut, maka minumlah sari kulit manggis dalam jumlah yang sedikit selama beberapa hari.

Tujuannya untuk melihat reaksi dan membiasakan organ tubuh terhadap zat-zat alami yang terkandung di dalamnya.


Perlu dicatat : setiap orang pasti berbeda dalam memiliki tingkat penerimaan dan toleransi terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan tidak menutup kemungkinan tubuh akan menolak asupan zat asing jika memang dirasa tidak cocok.


  • Seperti yang telah banyak orang ketahui juga bahwa rasa dari kulit buah manggis sangat tidak enak. Rasa pahit dan sepat akan tetap terasa bahkan setelah dijus. Di sini, kita memerlukan kreatifitas pribadi dalam bagaimana mengolah kulit buah manggis agar tidak terasa pahit. Campuran bahan-bahan lain seperti madu dan buah-buahan manis merupakan salah satu cara yang bisa anda coba untuk membuat jus kulit manggis terasa lebih enak dan bisa dinikmati. 

  • Untuk menghindari efek samping, sangat disarankan untuk tidak meminum jus kulit manggis jika perut anda dalam keadaan kosong. Jus tersebut bisa diminum setelah menyantap makanan. 

  •  Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah tentang jus. Jika terkenan udara dalam waktu lama, permukaan dari jus kulit manggis akan menghitam. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyimpan jus ditempat yang tertutup. 

  • Hal terakhir yang harus anda ketahui adalah rasa mual dan tidak enak pada perut di saat-saat awal anda mengonsumsi jus kuliy manggis. Hal tersebut adalah normal dan anda tidak perlu khawatir. Setelah pemakaian rutin beberapa hari, perut anda akan terbiasa dengan jus dan anda bisa menikmatinya sesuai dengan aturan pemakaian yang disarankan.

Alternatif lain, anda bisa membeli ekstrak kulit manggis yang sudah dikemas sebagai produk obat herbal. Pilihlah produk yang sudah terdaftar pada Depkes RI atau memiliki sertifikat Badan pengawas obat dan makanan (BPOM).