Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Pyelonephritis – Penyakit Infeksi Ginjal

Pyelonephritis adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang mempengaruhi satu atau kedua ginjal dan termasuk jenis penyakit ginjal yang disebabkan karena infeksi ginjal.


Seperti sudah sedikit diterangkan pada artikel Jenis-jenis Penyakit Ginjal bahwa hal ini dapat disebabkan oleh bakteri ataupun virus, dan biasanya dapat diobati dengan obat-obatan atau antibiotic secara teratur. Infeksi kronis ginjal biasanya berhubungan dengan kandung kemih kronis dan infeksi saluran kemih.


Penyebab pyelonephritis dikarenakan oleh bakteri atau virus yang menginfeksi ginjal. Meskipun banyak bakteri dan virus dapat menyebabkan Pyelonephritis, tetapi bakteri Escherichia coli sering penyebabnya. Bakteri dan virus dapat bergerak ke ginjal dari kandung kemih atau dapat dilakukan melalui aliran darah dari bagian lain di tubuh. Sebuah ISK pada kandung kemih yang tidak bergerak ke ginjal disebut sistitis.


Siapa yang berisiko terkena Pyelonephritis?

Orang-orang yang paling berisiko untuk Pyelonephritis adalah mereka yang memiliki infeksi kandung kemih dan orang-orang dengan masalah struktural, atau anatomi, di saluran kemih. Urine biasanya mengalir hanya dalam satu arah yaitu dari ginjal ke kandung kemih.


Namun, aliran urin dapat diblokir pada orang dengan cacat struktural dari saluran kemih, batu ginjal, atau pembesaran kelenjar prostat kenari yang berbentuk di pria yang mengelilingi uretra pada leher kandung kemih dan persediaan cairan yang masuk ke air mani. Urin juga dapat membuat cadangan, atau refluks, ke dalam satu atau kedua ginjal.


Masalah ini, yang disebut vesicoureteral reflux (Vur), terjadi ketika mekanisme katup yang biasanya mencegah aliran mundur urin tidak bekerja dengan benar. Vur ini paling sering didiagnosis selama masa kanak-kanak. Wanita hamil dan orang-orang dengan diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah juga pada peningkatan risiko pielonefritis


Gejala Pyelonephritis

Gejala Pyelonephritis dapat bervariasi tergantung pada usia seseorang dan mungkin termasuk adalah sebagai berikut :
  • demam
  • muntah
  • nyeri di belakang, samping, dan pada pangkal paha
  • panas dingin
  • mual
  • sering nyeri pada saat buang air kecil
Anak-anak muda dari 2 tahun mungkin hanya mengalami demam tinggi tanpa gejala yang berhubungan dengan saluran kemih. Orang tua mungkin tidak akan memiliki gejala yang berhubungan dengan saluran kemih dan sebaliknya, mereka mungkin menunjukkan kebingungan, bicara teratur, atau halusinasi.


Kebanyakan orang dengan Pyelonephritis yang tidak memiliki komplikasi jika tepat diobati dengan obat anti bakteri yang disebut antibiotik. Dalam kasus yang jarang terjadi, Pyelonephritis dapat menyebabkan luka permanen ginjal, yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, tekanan darah tinggi, dan gagal ginjal. Masalah ini biasanya terjadi pada orang dengan masalah struktural dalam saluran kemih, penyakit ginjal dari penyebab lain, atau episode berulang dari Pyelonephritis.
Infeksi pada ginjal dapat menyebar ke aliran darah dengan kondisi serius yang disebut sepsis, meskipun ini jarang terjadi.



Bagaimana Diagnosis Pyelonephritis?

Tes yang digunakan untuk diagnosa pyelonephritis tergantung pada usia pasien, jenis kelamin, dan respon terhadap pengobatan dan meliputi :


Urinalisis 
Urine adalah pengujian dari sampel urin. Sampel urin dikumpulkan dalam wadah khusus di kantor penyedia perawatan kesehatan atau fasilitas komersial dan dapat diuji di lokasi yang sama atau dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Kehadiran sel darah putih dan bakteri dalam urin menunjukkan infeksi.


Kultur urin 
Sebuah kultur urin dilakukan dengan menempatkan bagian dari sampel urin dalam tabung atau piring dengan zat yang mendorong bakteri yang hadir untuk tumbuh. Sampel urin dikumpulkan dalam wadah khusus di kantor penyedia layanan kesehatan atau fasilitas komersial dan dikirim ke laboratorium untuk kultur. 

Setelah bakteri ini berkembang biak, yang biasanya memakan waktu 1 sampai 3 hari, mereka dapat diidentifikasi. Penyedia layanan kesehatan kemudian dapat menentukan perawatan terbaik.


USG 
USG menggunakan perangkat yang disebut transducer, yang memantul aman, gelombang suara menyakitkan dari organ untuk membuat gambar struktur mereka. Prosedur ini dilakukan di kantor penyedia perawatan kesehatan, pusat rawat jalan, atau rumah sakit oleh teknisi yang terlatih khusus, dan gambar diinterpretasikan oleh radiolog atau dokter yang mengkhususkan diri dalam pencitraan medis, anestesi tidak diperlukan. 
Gambar dapat menunjukkan penghalang di saluran kemih. USG sering digunakan untuk orang yang tidak merespon pengobatan dalam waktu 72 jam.


Computerized tomography (CT) scan
CT scan menggunakan kombinasi sinar x dan teknologi komputer untuk membuat gambar tiga-dimensi (3-D). CT scan mungkin termasuk suntikan pewarna khusus, yang disebut media kontras. CT scan memerlukan seseorang untuk berbaring di meja yang dapat digeser ke dalam perangkat berbentuk terowongan di mana sinar x diambil.


Prosedur ini dilakukan di pusat rawat jalan atau rumah sakit oleh teknisi x-ray, dan gambar diinterpretasikan oleh ahli radiologi. Anestesi tidak diperlukan. CT scan dapat menunjukkan penghalang di saluran kemih. Tes ini sering digunakan untuk orang yang tidak merespon pengobatan dalam waktu 72 jam.


Voiding cystourethrogram (VCUG) 
VCUG adalah gambar x-ray dari kandung kemih dan uretra diambil saat kandung kemih penuh dan saat buang air kecil. Prosedur ini dilakukan di pusat rawat jalan atau rumah sakit oleh teknisi sinar-x diawasi oleh seorang ahli radiologi, yang kemudian menafsirkan gambar. Anestesi tidak diperlukan, tetapi sedasi dapat digunakan bagi sebagian orang. 

Kandung kemih dan uretra diisi dengan media kontras untuk membuat struktur jelas terlihat pada gambar sinar-x. Mesin x-ray menangkap gambar dari media kontras saat kandung kemih penuh dan ketika orang kencing. Tes ini dapat menunjukkan kelainan dari bagian dalam uretra dan kandung kemih dan biasanya digunakan untuk mendeteksi Vur pada anak-anak.


Digital rectal examination (DRE)
Sebuah DRE adalah pemeriksaan fisik dari prostat yang dilakukan di kantor penyedia perawatan kesehatan. Anestesi tidak diperlukan. Untuk melakukan ujian, penyedia layanan kesehatan meminta orang untuk membungkuk di atas meja atau berbaring di sisinya sambil memegang lututnya dekat dengan dadanya. 

Penyedia perawatan kesehatan slide yang bersarung, jari dilumasi ke dalam rektum dan merasa bagian dari prostat yang terletak di depan rektum. Pria yang diduga pielonefritis mungkin memiliki DRE untuk menentukan apakah prostat bengkak dapat menghalangi leher kandung kemih.


Dimercaptosuccinic acid (DMSA) scintigraphy 
DMSA scintigraphy adalah teknik pencitraan yang bergantung pada deteksi sejumlah kecil radiasi setelah injeksi bahan radioaktif. Karena dosis bahan radioaktif kecil, risiko menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang rendah. 


Prosedur ini dilakukan di pusat rawat jalan atau rumah sakit oleh teknisi yang terlatih khusus, dan gambar diinterpretasikan oleh ahli radiologi. Anestesi tidak diperlukan. Bahan radioaktif yang disuntikkan ke pembuluh darah di lengan seseorang dan perjalanan melalui tubuh ke ginjal. Kamera khusus dan komputer yang digunakan untuk membuat gambar dari bahan radioaktif saat melewati ginjal. Bahan radioaktif membuat bagian-bagian dari ginjal yang terinfeksi atau terluka menonjol pada gambar. DMSA scintigraphy digunakan untuk menunjukkan tingkat keparahan infeksi ginjal atau kerusakan ginjal, seperti jaringan parut.