Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Penyakit Glaukoma

Penyakit glaukoma adalah penyakit yang termasuk dalam penyakit mata dan yang menyebabkan peningkatan tekanan dalam mata. Mata diisi dengan cairan bening atau air mata yang akan membantu mempertahankan bentuk mata dan memelihara lensa dan kornea.


Ciliary tubuh terus menerus mengeluarkan humor baru dan selisih tersebut dikeringkan melalui depan mata. Pada glaukoma, cairan mata tidak mengalir dengan benar yang sebagaimana mestinya, tekanan di dalam mata terakumulasi, mengganggu pembuluh darah ke saraf optik.


Sebagai nutrisi yang ada tidak dapat diangkut oleh sel-sel saraf melalui pembuluh darah, sel-sel saraf perlahan mati, menyebabkan hilangnya progresif penglihatan yang dapat menyebabkan kebutaan total. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan dengan merusak saraf optik dan retina.

Sayangnya, glaukoma biasanya terdeteksi ketika pasien sudah menderita kehilangan penglihatan dan kehilangan visual ini tidak dapat diubah, dari kabar yang diketahui tidak ada perawatan medis atau operasi bedah dapat mengembalikan penglihatan.

Jenis Penyakit Glaukoma

Terdapat empat jenis penyakit glaukoma yaitu :
1) Primary open angle glaucoma (glaukoma kronis sederhana)
Adalah bentuk paling umum dari glaukoma dan itu diyakini diwariskan dan hampir selalu bilateral. Pada tahap awal, sebagian besar pasien glaukoma tidak memiliki gejala apapun dan sangat sulit untuk dideteksi. Hal ini biasanya dideteksi melalui pemeriksaan mata secara teratur. Pada tahap selanjutnya, saraf optik sudah hancur, pasien visi akan menjadi sempit dan sempit.

Akhirnya, benda di luar penglihatan sentral tidak dapat dilihat, seolah melihat melalui silinder, dengan berkurangnya penglihatan, pasien akhirnya akan menjadi buta.


Dengan bertambahnya usia, glaukoma sudut terbuka bukanlah penyakit. Seiring bertambahnya usia, trabecular meshwork menjadi kurang mampu mengalirkan air dari ruang anterior. Akibatnya, peningkatan tekanan intraokular. Ketika pasien telah kehilangan semua penglihatan dari glaukoma, pasien menderita Absolute Glaukoma yang sering menyakitkan.


2) Primary angle closure glaucoma (glaukoma kongestif)
Primary angle closure glaucoma adalah penyakit yang secara umum terjadi pada orang dewasa yang diduga ketika media okular jelas dan perifer atau sentral visi berkurang. Akut dan menyakitkan glaukoma, Primary angle closure glaucoma adalah hasil utama ketika iris yang normal tiba-tiba blok meshwork trabecular dan dengan demikian aliran air dalam mata akan tersendat.

Hal ini dapat terjadi pada mata dengan ruang anterior normal dangkal. Primer penutupan glaukoma biasanya merupakan penyakit bilateral. Namun, serangan akut bilateral simultan akut glaukoma sudut tertutup termasuk langka.


3) Secondary glaucoma
Secondary glaucoma mencakup berbagai glaucomas yang dihasilkan dari penyakit mata sebelumnya atau trauma. Tipe glaucoma ini dapat berkembang dari uveitis, katarak, hyphema, komplikasi dari operasi intraokular, atau penggunaan jangka panjang kortikoid.


4) Infantile glaucoma
Infantil glaukoma merupakan cacat bawaan, hal ini disebabkan oleh penyumbatan oleh jaringan abnormal, mengakibatkan ketidakmampuan dalam menguras air dari ruang anterior.

Gejala-gejala termasuk mata normal besar, kornea tidak jelas dan sebagian besar bayi yang terinfeksi memiliki terlalu banyak air mata dan takut cahaya. Meskipun jarang, infantil glaukoma adalah masalah seluruh dunia. Hal ini membutuhkan pengobatan dini untuk mencegah kebutaan total.

Gejala umum:

  • hilang atau kabur penglihatan sisi
  • sakit mata
  • episode melihat floaters, bintik-bintik atau kilatan cahaya
  • perubahan sering dalam kekuatan kacamata
  • sakit parah di mata
  • sakit kepala dan mual
  • hilangnya sebagian penglihatan