Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Jenis-jenis Penyakit Ginjal

Ada beberapa jenis penyakit ginjal, semua itu dikarenakan oleh sebab dan hal yang berbeda-beda. Anda akan memerlukan diagnosis yang resmi dari dokter untuk tahu secara persis apa dan bagaimana jenis penyakit ginjal yang diderita.

Jenis Penyakit Ginjal pada Manusia

Jika sudah diketahui apa dan bentuk pengobatan yang terbaik akan menangani kondisi medis dari penyakit tersebut.

Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang cukup serius, tetapi juga ada beberapa jenis yang tidak serius juga. Di bawah ini beberapa jenis penyakit ginjal yang sering dijumpai di dalam dunia medis.


Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah sebuah kristal kecil yang terbentuk di dalam ginjal. Jika mereka tumbuh cukup besar, mereka dapat mencegah dan menghalangi proses urin dalam mengalir keluar dari ginjal atau memicu infeksi pada ginkal dan menyebabkan kerusakan ginjal permanen.


Penyakit Ginjal Polycystic

Polycystic adalah kondisi medis di mana kista terbentuk di dalam ginjal. Dalam beberapa kasus yang sudah diketahui, kista yang hanya ada di ginjal, tidak menyebabkan masalah apapun. Tetapi dalam situasi lain, kista dapat membesar dari waktu ke waktu dan akan mengakibatkan penghambatan pada kemampuan ginjal untuk berfungsi secara baik dan normal.


Pyelonephritis

Pyelonephritis adalah jenis penyakit ginjal yang disebabkan karena infeksi ginjal. Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri ataupun virus, dan biasanya dapat diobati dengan obat-obatan atau antibiotic secara teratur. Infeksi kronis ginjal biasanya berhubungan dengan kandung kemih kronis dan infeksi saluran kemih.


Ginjal Reflux

Ginjal Reflux adalah situasi pada ginjal di mana otot uretra memaksakan beberapa urin kembali ke dalam ginjal, daripada membawanya keluar dari tubuh. Hasilnya yaitu mengakibatkan infeksi berulang pada ginjal.


Systemic Lupus

Systemic Lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh tubuh. Sel darah putih menyerang jaringan sehat pada ginjal dan mengurangi kemampuan mereka untuk berfungsi dengan normal. Hal ini akan menghasilkan protein yang disaring dari tubuh.


Renal Acidosis

Renal Acidosis adalah jenis dari penyakit ginjal ketika ginjal berhenti dalam penyaringan yang menghasilkan asam dari aliran darah dan menyebabkan tingkat keasaman tinggi dalam darah.
Hal ini dapat memicu sesak napas dan membuat kecepatan detak jantung tubuh menjadi meningkat. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung kongestif jika tidak ditangani secara serius oleh medis.


Membranoproliferative Glomerulonephritis

Membranoproliferative Glomerulonephritis adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi system kerja ginjal. Dalam kondisi medis, antibodi terhadap protein tertentu yang bersarang di penyaringan ginjal biasa disebut glomerulus. Dinding ginjal dari antibodi, menyebabkan jaringan parut di dalam sistem penyaringan. Hal ini dapat mengakibatkan penyaringan darah yang buruk.


Penyakit Ginjal Parenchymal

Parenchymal adalah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan setiap penyakit ginjal yang disebabkan oleh jaringan parut ginjal.


Diabetes insipidus

Diabetes insipidus adalah bentuk diabetes yang mempengaruhi dari kerja ginjal dalam tubuh. Ginjal yang sehat memiliki reseptor yang mendeteksi anti-diuretik hormon, hormon yang akan memerintahkan tubuh untuk berhenti menyaring cairan ketika tubuh mendekati dehidrasi. Orang dengan diabetes insipidus tidak memiliki reseptor, sehingga ginjal tidak tahu kapan harus berhenti dalam penyaringan cairan. Hal ini menyebabkan orang harus sering buang air kecil dan merasa haus.