Bunga Kitolod Penyembuh Mata Belekan Dengan Cepat

Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Bunga Kitolod Penyembuh Mata Belekan Dengan Cepat

Tanaman yang termasuk ke dalam famili Campanuaceae ini datang dari Hindia Barat. Hati-hati dengan getah kitolod yang berwarna putih karena mengandung toksin.

Kitolod juga mempunyai buah yang berupa seperti lonceng, merunduk serta merekah dua sisi dan berbiji banyak dengan warna putih serta berupa bulat telur. Daun kitolod mempunyai senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, serta samponi. 

Mempunyai nama ilmiah Isotoma longiflora atau Laurentia longiflora yang merupakan mahkota dari tanaman kitolod yang dapat mengobati gangguan mata, seperti hipermetropi, miopi, silinder, dan gangguan mata lainnya.

Hal ini dapat dilihat dari kandungan kimia didalamnya, seperti alkoid, saponin, flavonoid dan felifenol. Pada getahnya mengandung racun namun pada bagian lain mengandung zat antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik) serta menghilangkan nyeri dan menghentikan pendarahan. 

Kitolod merupakan merupakan tanaman semak yang mempunyai tangkai bunga yang panjang, dan mahkotanya berbentuk bintang berwarna putih bersih.

Dan tidak disangka ternyata tanaman liar ini mempunyai khasiat sebagai tanaman herbal, bunga kitolod untuk kesehatan mata.  

Kitolod dapat digunakan sebagai cara mengobati mata minus dan berbagai penyakit pada mata, katarak, diabetes dan berbagai macam penyakit termasuk mata katarak.  

Bunya Kitolod Liar Untuk Kesehatan Mata

Bunga Kitolod/Pitolod/kembang Jangkar/Bunga Bintang Lima merupakan tumbuhan liar yang tidak dibudidayakan oleh masyarakat umum.

Banyak orang yang belum kenal atau mengetahui manfaat yang luar biasa dari bunga yang satu ini, sebenarnya hidup bunga ini di sekitar kita dan mungkin sering melihatnya tetapi belum tahu tentang bunga ini. 

Orang jawa lebih mengenalnya dengan sebutan “bunga kintolo” dan digunakan untuk penyembuh mata belekan dengan cepat dan kesehatan mata.

Bentuknya panjang, warnanya putih mirip bunga melati. Biasa hidup liar di sekitar selokan, sela-sela yang lembab, dan di kebun-kebun yang sudah tidak terawat. 


Menyembuhkan Mata Belekan Dengan Cepat dan Gangguan Mata Lainnya

Masyarakat pada jaman dahulu sudah mengenal tanaman ini sebagai obat alami gangguan mata seperti menyembuhkan mata belekan dengan cepat.

Cara memakainya adalah dengan mengambil daun kitolod di pagi hari yang ada air embunnya, dan air embun itu di teteskan ke mata yang mengalami gangguan.

Jaman dahulu sebelum dibuat ramuan obat, masyarakat percaya embun dari kitolod dapat menyembuhkan mata buta, mata minus/pandangan kabur, mata katarak dan pendarahan dimata.

Tetapi meskipun mengambil tidak di pagi hari, bunga ini tetap mempunyai khasiat yang sama.
Cara membuat obat mata dari bunga kitolod:
  1. Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas yang berisi air bersih, diamkan beberapa menit.
  2. Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.
  3. ada saat penggunaan, mata terasa perih dan terasa sepet, itu hanya sebentar, kemudian lakukan berulang–ulang, minimal 3x sehari.
Dari pengalaman sendiri saat terkena mata belekan, setelah pemakaian pertama diteteskan kedua mata awalnya memang perih, tapi setelah berapa jam mata sudah tidak belekan lagi dan tidak mata merah.
Menurut beberapa peneliti pengobat herbal di dunia seperti Burkill (1935), Allen (1943): air yang diperoleh dari bagian tanaman kitolod bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata. Air kitolod juga dimanfaatkan untuk menyegarkan mulut dan tenggorokan.

Caranya dengan berkumur menggunakan air dari tanaman kitolod dan dicampur air putih matang.

Mr. Souder (1963) menyimpulkan bahwa air kitolod bisa mengobati kebutaan mata yang tidak karena syaraf putus. Von Reis dan Lipp (1982) meniliti bahwa tanaman kitolod dapat mengobati iritasi kulit dan mata buta bisa sembuh normal. Mr. Morton (1981), tanaman kitolod-bunga bintang bisa mengobati radang pada kulit.

Pengalaman masyarakat Indonesia pun banyak yang mendapatkan manfaat dari tanaman kitolod. Cerita dari sebuah buku “Khasiat dan Manfaat Kitolod” disampaikan Fakta: Saat itu penulis buku mengikuti sebuah pameran tanaman obat yang diselenggarakan oleh salah satu departemen di Jakarta Selatan.

Ada salah satu orang yang lewat melihat stand pameran herbal tanaman kitolod, orang tersebut berkata, “Nah, ini dia tanaman yang menyelamatkan ibu saya dari kebutaan”. Ada juga pengunjung yang meminta ramuan cair kitolod untuk mengobati mata anjingnya yang kena iritasi, dulunya pernah pakai ramuan obat kitolod dan sembuh normal.