Berisi tentang informasi kesehatan, kesehatan alternatif dan Herbal, kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, manfaat buah, sayuran yang berguna bagi kehidupan masyarakat

Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Ada begitu banyak hal yang tampaknya lebih menarik atau penting daripada mendapatkan beberapa jam tidur, tetapi ada banyak cara dan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan yang optimal, begitu juga dengan tidur karena dengan tidur, tubuh akan istirahat dari aktifitas seharian.




Sementara Anda beristirahat dalam kondisi tidur, otak Anda akan tetap sibuk, mengawasi berbagai perawatan biologis yang akan membuat tubuh kembali lagi segar dan mempersiapkan untuk aktifitas di esok hari.




Pola Tidur Manusia

Pola tidur yang berkualitas akan langsung mempengaruhi dan menjaga kualitas hidup, termasuk ketajaman mental Anda, produktivitas, keseimbangan emosi, kreativitas, vitalitas fisik, dan bahkan berat badan. Tidak ada kegiatan lain yang memberikan begitu banyak manfaat dengan begitu sedikit usaha yaitu dengan tidur.

Tanpa cukup jam tidur restoratif, Anda tidak akan bisa bekerja, belajar dan berkomunikasi pada orang lain dengan lebih baik. Anda tidak harus memilih antara kesehatan dan produktivitas karena ketika mendapatkan tidur yang dibutuhkan dan ideal, maka tubuh akan mendapatkan energi baru dan kesehatan yang baik.



Bahkan, Anda mungkin menemukan bahwa Anda benar-benar mendapatkan lebih banyak kegiatan dilakukan pada siang hari daripada ketika Anda sedang skimping pada shuteye.
"Secara keseluruhan, orang yang tidur 7-8 jam setiap malam sangat berbeda dengan dibandingkan orang yang tidur kurang atau lebih dari jam tidur yang ditetapkan."

 

 

Tips Pola Tidur Yang Baik

Pola tidur yang baik dengan mendapatkan sinkron dengan tubuh secara alami siklus antara tidur-bangun sirkadian ritme-adalah salah satu strategi yang paling penting untuk mencapai tidur yang baik.


Jika Anda menyimpan jadwal tidur yang teratur, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, Anda akan merasa jauh lebih segar dan berenergi daripada jika Anda tidur dalam jumlah yang sama dalam jam pada waktu yang berbeda. Hal ini berlaku bahkan jika Anda mengubah jadwal tidur dengan hanya satu atau dua jam. Konsistensi sangat penting.
  • Tetapkan waktu tidur yang teratur . Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Pilihlah waktu ketika Anda biasanya merasa lelah, sehingga Anda tidak melemparkan dan berpaling. Cobalah untuk tidak mematahkan rutinitas pada akhir pekan ketika mungkin tergoda untuk tidur sampai larut malam. Jika Anda ingin mengubah waktu tidur Anda, membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan membuat perubahan secara bertahap harian kecil, seperti 15 menit sebelumnya atau lambat setiap hari. 

  • Bangun pada waktu yang sama setiap hari . Jika Anda mendapatkan cukup tidur, Anda harus bangun alami tanpa alarm. Jika Anda memerlukan jam alarm untuk bangun pada waktu yang tepat, Anda mungkin perlu mengaturnya sebelum tidur. Seperti tidur Anda, cobalah untuk menjaga biasa bangun tepat waktu bahkan pada akhir pekan. 

  • Menebus tidur yang hilang . Jika Anda perlu untuk menebus jam hilang beberapa, memilih untuk tidur siang daripada tidur terlambat. Strategi ini memungkinkan Anda untuk melunasi utang tidur Anda tanpa mengganggu ritme tidur-bangun alami Anda, yang sering menjadi bumerang dalam insomnia dan mengganggu kegiatan siang hari. 

  • Jadilah cerdas tentang tidur siang . Sementara mengambil tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang, terutama untuk orang dewasa, bisa membuat insomnia yang parah. Jika insomnia masalah bagi Anda, pertimbangkan untuk menghilangkan tidur siang. Jika Anda harus tidur siang, melakukannya di sore hari, dan membatasi sampai tiga puluh menit. 

  • Melawan kantuk setelah makan . Jika menemukan diri Anda mendapatkan apa yang membuat mengantuk sebelum waktu tidur Anda, melakukan sesuatu yang agak merangsang untuk mencegah jangan sampai tertidur, seperti mencuci piring, menelepon teman, atau mendapatkan pakaian siap untuk hari berikutnya. Jika Menyerah pada kantuk, Anda mungkin bangun kemudian di malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali. 

Dengan kita melakukan dan menjalankan pola tidur yang baik secara teratur akan bisa menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita masing-masing yang dalam kesehariannya telah menjalani aktifitas kehidupan dan bergelut dengan rutinitas pekerjaan kita.

1 comments

Post a Comment